MASUK

Rabu, 16 Maret 2011

Teknik Penanaman tanaman panili

D A F T A R I S I

KATA PENGANTAR …………………………………………….. i
DAFTAR ISI …………………………………………………….. ii

BAB I
PENDAHULUAN ………………………………………………. 1
Latar belakang ………………………………………………… 1
Tujuan dan kegunaan ………………………………………… 1

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA ………………………………………….. 2
Morfologi ……………………………………………. ……….. 2
Klasifikasi Ilmiah dan Nama Binomal…………………………. 3
Syarat tumbuh ………………………………………………… 3

BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN …………………………………… 4
Penanaman Tanaman Panili…………………………………… 4
Pemeliharaan …………………………………………………. 5

BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN …………………………………… 6
Kesimpulan …………………………………………………… 6
Saran…………………………………………………………... 6







ii
B A B I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
Vanili (Vanilla planifolia) adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong. Tanaman vanili dikenal pertama kali oleh orang-orang Indian di Meksiko,Negara asal tanaman tersebut.
Dewasa ini pemerintah Indonesia telah berusaha meningkatkan pendapatan dan meningkatkan taraf hidup rakyat, terutama taraf hidup petani. Serta menambah pemasukan kas Negara melalui ekspor komoditi, baik itu komoditi migas maupun komoditi non migas.Salah satu bahan ekspor Indonesia yang termasuk dalam komoditi non migas adalah tanaman “ PANILI “. Panili merupakan tanaman sejenis anggrek yang mempunyai pengakaran serabut dan bercabang pendek. Batangnya berbentuk sulur berwarna hijau beruas dan berbuku-buku serta mengandung air dan daunnya runcing. Panili dimanfaatkan untuk memberikan aroma pada kue kering, kue basa (cake), ice krim, coklat, permen, dan lain sebagainya.
Untuk meningkatkan ekspor tanaman Panili, maka produksinya harus lebih ditingkatkan lagi. Baik dari segi jumlah (kuantitas) maupun dari segi mutunya (kualitas). Selain itu, cara lain yang harus ditempuh yaitu melalui teknis budidaya, terutama dalam teknik penanaman. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai teknik penanaman tanaman Panili.

TUJUAN DAN KEGUNAAN
Tujuan penelitian “ teknik penanaman tanaman Panili “ adalah agar kita tahu teknik penanaman yang benar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, seperti yang digunakan para petani Panili di kebun Induk Bikeru Sinjai Selatan. Sedangkan kegunaannya dapat menembah wawasan dan keterampilan kita mengenai teknik penenaman Panili yang baik serta membandingkannya dengan teori.

1
B A B II
TINJAUAN PUSTAKA

MORFOLOGI:
Batang tanaman vanili kira-kira sebesar jari,berwarna hijau,agak lunak,beruas dan berbuku.Panjang rata-rata 15 cm.Tumbuhan melekat pada pohon atau tonggak yang telah disediakan. Nama daerah dari vanili adalah panili atau perneli. Daun vanili merupakan daun tunggal.Letaknya berselang-seling pada masing-masing buku.Warnanya hijau terang,dengan kepanjangan10-25cmserta lebar 5-7 cm.Bentuk daun pipih, berdaging ,bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip.Tulang daun sejajar,tampak setelah daun tersebut tua atau mengering,sedangkan pada waktu daun masih muda tidak jelas kelihatan. Rangkaian bunga vanili adalah bunga tandan yang terdiri dari 15-20 bunga.Bunga keluar dari ketiak daun bagian pucuk batang.Bentuk bunganya duduk,berwarna hijau-biru agak pucat,panjang 4-8 cm dan berbau agak harum. Bunga vanili terdiri dari 6 daun bunga (3sepal,3petal) yang terletak dalam dua lingkaran.Daun bunga bagian luar (sepal) sedikit lebih besar daripada bagian dalam petal.Satu dari petalnya berubah bentuk,menggulung seperti corong yang disebut BIBIR (ROSTELUM). Putik tertutup oleh bibir,sehingga penyerbukan secara alamiah terhalang,kepala sari (anther) berisi dua butir tepung sari,letaknya lebih tinggi daripada kepala putik.Keistimewaan dari bunga vinili yaitu kepala putiknya berisi cairan perekat.Bila tepung sari diletakkan disana akan segera menempel dan terjadilah pembuahan. Bunga vanili yang telah mekar hanya dapat bertahan satu hari.Jika bunga yang telah mekar itu tidak segera dikawinkan,akan layu dan kemudian rontok.Oleh sebaba itu harus sering keliling kebun untuk mengontrol perkembangan vanili.



2

KLASIFIKASI ILMIAH
 Kerajaan : Plantae
 Divisi : Magnoliophyta
 Kelas : Liliopsida
 Ordo : Orchidales
 Famili : Orchidaceae
 Genus : Vanilla
 Spesies : Vanilla Planifolia
NAMA BINOMIAL : Vanilla Planifolia



SYARAT TUMBUH
Syarat tumbuh tanaman Panili di pengaruhi oleh pada beberapa factor penting, yang terdiri atas :
1. Sinar matahari
2. Curah hujan
3. Suhu udara
4. Kelembaban udara
5. Tanah











3

B A B III
HASIL DAN PEMBAHASAN


PENANAMAN TANAMAN PANILI
Cara menanam tanaman panili dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan cara :
1. Penanaman tanaman panili langsung
2. Penanaman tanaman panili melalui pembibitan.
Selain ke dua cara yang disebutkan diatas, penanaman tanaman panili juga dapat dilakukan dalam bentuk setek. Penanaman setek bibit panili terbagi atas dua cara diantaranya, penanaman lurus dan penanaman melengkung.
Proses penanaman tanaman panili sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan, karena curah hujan pada saat itu tidak terlalu besar, sehingga tidak menimbulkan banyak genangan air pada areal tanam. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya pembusukan pada bibit tanaman. Baik itu bibit dari penanaman secara langsung, melalui pembibitan diawal, atau dengan cara setek. Sebelum penanaman tanaman panili areal tanam harus disterilkan dulu dari rumput liar, genangan air, sampah, dan lain sebagaimya.
Saat yang baik untuk mengawinkan bunga vanili adalah pada pagi hari.Hari-hari basah dan kering sekali tidak baik untuk penyerbukan. Berhasil atau tidaknya penyerbukan akan tampak setelah dua atau tiga hari.Bunga yang berhasil diserbuki akan berubah warnanya menjadilebih pucat.Enam buah daun bunganya akan layu tetapi tangkai bunganya tetap menempel pada tandan bunga.Bunga yang tidak berhasil diserbuki akan gugur.Setelah terjadi pembuahan antara 10-15 buah,bunga pada tandan yang masih kuncup sebaiknya dipangkas,agar zat makanan yang dihisap oleh tanaman diakumulasikan pada pembentukan dan pembesaran buah. Pada waktu bunga mekar,panjang bakal buah 2-4 cm dengan garis tengah 5 mm.Satu minggu setelah penyerbukan bakal buah itu dapat mencapai panjang 8-10 cm.
4
Lima minggu kemudian buah telah mencapai panjang maksimal 20-25cm,dengan garis tengah 1,5 cm.Setelah buah mencapai perkembangan yang maksimal,lima atau enam bulan kemudian buah akan masak. Warna buah mula-mula hijau muda,kemudian hijau tua disertai dengan garis-garis kuning menjelang masak.Buah yang telah masak berwarna coklat tua.Jika dibiarkan masak di pohon,buah akan pecah menjadi dua bagian,dan menyebarkan aroma vanili.Biji buah kecil-kecil,banyak sekali jumlahnya,berwarna hitam dan berukuran kira-kira 0,2mm.

PEMELIHARAAN TANAMAN PANILI
Agar kita mendapatkan hasil yang memuaskan dari penanaman tanaman panili. Diperlukan cara pemeliharaan yang tepat. Cara pemeliharaan panili dimulai dengan cara :
1. Penyulaman, yang berarti bibit yang digunakan harus sehat, bebas dari hama dan penyakit.
2. Penyiraman, yang berarti tanaman panili harus disiram sesuai takaran atau disiram sesuai dengan kebutuhan dari tanaman itu sendiri.
3. Pemberian Mulsa, digunakan sebagai penjaga kelembaban tanah disekitar induk tanaman. Karena dapat menyimpan air lebih lama sehingga kelembaban areal tanam dapat terjaga.
4. Pemupukan, dilakukan sebanyak 2X dalam setahun ( sesuai waktu tanam tanaman panili).
5. Pengendalian hama dan penyakit, yaitu diperlukan pemeliharahaan khusus terhadap tanaman serta perhatian yang cukup.






5

B A B IV
KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN
Teknik penanaman tanaman Panili meliputi penyiapan bibit tanam yang baik, bebas hama dan penyakit, proses penanaman dan proses pemeliharaan tanamn panili. Ditinjau dari teknik penanaman yang di lakukan di Kebun Induk Bikeri secara garis besarnya teknik tersebut sudah sesuai. Tetapi masih pelu dilakukan perbaikan yaitu dengan cara pembuatan Lubang tanam pada pohon pelindung terlebih dahulu.

SARAN
Sebaiknya penanaman panili harus dilakukan sesuai teknik penanamannya, agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman tersebut lebih baik dari yang sebelumnya. Dan dapatmeningkatkan tiingkat produktifitasnya, baik dari segi jumlah (kuantitas) maupun mutunya (kualitas).















6
KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga laporan mengenai “ TEKNIK PENANAMAN TANAMAN PANILI “ dapat selesai tepat pada waktunya. Tak lupa pula saya ucapkan banyak terima kasih kepada guru pembimbing saya Bapak INCE BAKRI S.Pd. Karena apabila tanpa bimbingan dan bantuannya, KArya Ilmiah ini mungkin tidak dapat selesai tepat pada waktunya.
Dalam Karya Ilmiah ini terdapat beberapa bahan yang disajikan dengan tujuan dapat menambah dan mengembangkan pengetahuan para pembaca mengenai “ TANAMAN PANILI “. Bukan hanya mengetahui bentuk setelah tanaman itu di olah melalui proses. Dimana proses tersebut, menghasilkan panili yang selam ini kita gunakan sebagai bahan untuk memberikan aroma pada makanan, tetapi juga mengetahui bentuk morfologi, cara penanaman , dan cara pemeliharaan tanaman panili itu sendiri.
Dengan demikian, mudah-mudahan Karya Ilmiah ini dapat memberikan manfaat secara optimal kepada para pembaca tentang
“ TEKNIK PENANAMAN TANAMAN PANILI “.Saya tahu Karya Ilmiah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan ibarat tak ada gading yang tak retak, maka saya mengharapkan kepada para pembaca agar dapat memberi masukan dalam hal perbaikan laporan saya selanjutnya.

P E N U L I S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar