MASUK

Kamis, 17 Maret 2011

PELATIHAN PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ICT BAGI GURU SMP DAN SMA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2009

PELATIHAN PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ICT BAGI GURU SMP DAN SMA
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
TAHUN 2009


A. LATAR BELAKANG
Sesuai dengan PP No. 19 tahun 2005 dan Permendiknas No, 41 Tahub 2997 “Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik”.
Salah satu prinsip penyusunan RPP adalah 6. Menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Sesuai dengan salah satu prinsip pelaksanaan KTSP, “Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai”.
Oleh karena itu, pembelajaran di masa depan perlu menggunakan ICT atau bersifat ICT-based learning.

B. DASAR HUKUM

a. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
b. Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
c. Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
d. Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru
e. Peraturan Mendiknas No, 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru pada Pendidikan Dasar dan Menengah
f. Peraturan Mendiknas No, 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
g. Program Aksi Kaltim Bangkit Bidang Pendidikan kebijakan prioritas peningkatan mutu dan relevansi Pendidikan

C. TUJUAN

Tujuan umum pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan atau mengembangkan proses dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan ICT, sehingga guru mampu dan mantap dalam melaksanakan pengembangan profesinya dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan standar proses..
Tujuan khusus pelatihan ini adalah :
1. untuk meningkatkan kompetensi guru SMP dan SMA dalam menyusun dan mengembangkan program pembelajaran dengan memanfatkan ICT.
2. untuk meningkatkan keterampilan guru dalam memeanfaatkan ICT untuk pengembangan materi pokok pembelajaran dari matapelajaran yang diasuh.
3. untuk meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan proses/kegiatan pembelajaran dari matapelajaran yang diasuh dengan menggunakan ICT yang sesuai.
4. untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan ICT untuk kepentingan penyusunan soal penilaian dan/atau pengolahan hasil penilaian pembelajaran.

D. HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah :
1. semakin meningkatnya kompetensi guru SMP dan SMA dalam menyusun dan mengembangkan program pembelajaran dengan memanfatkan ICT.
2. semakin meningkatnya keterampilan guru dalam memeanfaatkan ICT untuk pengembangan materi pokok pembelajaran dari matapelajaran yang diasuh.
3. semakin meningkatnya keterampilan guru dalam melaksanakan proses/kegiatan pembelajaran dari matapelajaran yang diasuh dengan menggunakan ICT yang sesuai.
4. semakin meningkatnya keterampilan guru dalam menggunakan ICT untuk kepentingan penyusunan sosl penilaian dan/atrau pengolahan hasil penilaian pembelajajran.

E. PELAKSANAAN KEGIATAN

• Pelaksanaan di Samarinda – di Hotel Diamond, Jl. Lambung Mangkurat, Samarinda
• Lama kegiatan @ 6 hari
- Kelompok SMP : tanggal 19 s.d. 24 Oktober 2009
- Kelompok SMA : tanggal 26 s.d. 31 Oktober 2009
• Kelompok Sasaran : 2 tahap = 78 orang guru/tahap

• Materi Pelatihan :
1. Kebijakan Pemerintah Kaltim dalam Bidang Pendidikan
2. Kebijakan Depdiknas tentang Standar Proses
3. Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) dan Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran
4. Pemanfaatan ICT untuk Pengembangan Materi Pembelajaran
5. Penggunaan ICT untuk Penyusunan Soal dan Penganalisisan Hasil Pembelajaran
6. Penyusunan Kegiatan Pembelaran dengan memanfaatkan ICT dalam RPP
7. Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan ICT (Praktik Peer-Teaching)
8. Pengenalan dan praktik Internet, Pembuatan email, penelusuran bahan ajar/informasi dengan Google
9. UKS
10. Tugas dan Fungsi Pengawas dalam Pembimbingan dan Penilaian Kinerja Guru
11. Outbond

• Narasumber/Instruktur
a. Nara Sumber
o Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur
o Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMP dan SMA
o Drs. Nanang Rijono, M.Pd.
b. Instruktur
o Dewan Pendidikan Kalimantan Timur
o Dosen FKIP Unmul
o Guru/Instruktur Matapelajaran SMP dan SMA dan SMKN 7 di Samarinda
o Koordinator Pengawas Sekolah
o Tim outbond

• Pembiayaan : APBD Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2009


F. PENUTUP
Perlu dilakukan persiapan yang matang dan dan kerjasama dengan semua pihak agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik, serta dukungan dana sesuai dengan alokasi anggaran yang tersedia,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar